KELAPARAN DI YAHUKIMO

APA KABAR YAHUKIMO ?

Dengarkan pengakuan Sibet Nabiyak, penduduk Yahukimo, “Kalau ada makanan kita makan, kalau tidak, dari pagi sampai sore kita tidak makan. Tidak ada makanan disini”.Sebuah pengakuan yang menyentak kita tentang keadaan saudara kita di Papua. (selebihnya dapat dilihat dikutipan video yang bersumber dari berita TV One, 5/9/2009). Akibat kelaparan yang menimpa rakyat di Yahukimo, setidaknya 113 orang meinggal dunia. Sebuah keadaan yang kontras dengan peristiwa gempa bumi yang terjadi di Tasikmalaya dimana bantuan berdatangan dari seluruh penjuru negeri. Bahkan salah satu stasiun tv swasta indonesia membuat acara live penggalian dana. yang menghebohkan ada seorang Donatur secara pribadi yang memberi bantuan sebesar 1 milyar rupiah untuk korban gempa bumi. Sebuah angka yang sangat besar untuk ukuran Indonesia.
Sementara di Yahukimo ratusan orang mati kelaparan. Sungguh sebuah cara mati yang setiap orang tidak ingin membanyangkan pun tidak mau. Tidak ada gebyar donasi. Yang mungkin tersisa disana saat ini adalah saat saat menunggu ajal ditengah sulitnya jalur komunikasi antar daerah.
Yahukimo, merupakan wilayah Indonesia yang sering dilanda kelaparan dan berakibat kematian. Kegagalan panen dan hama bukanlah alasan bagi pemerintah untuk membiarkan rakyatnya mati kelaparan.

Barangkali, salah satu wilayah Indonesia yang selalu terpinggirkan adalah Papua. Kecuali jika terjadi kasus-kasus perlawanan dari kelompok separatis OPM. Atau menyangkut Freeport. Wilayah yang kaya raya tetapi rakyatnya miskin. Wilayah yang memiliki sumber daya alam yang luar biasa, tetapi banyak penduduknya yang masih tidak berpakaian. Otonomi khusus yang diberikan di wilayah Papua nampaknya belum benar-benar dirasakan oleh mereka. Akses jalan trans Papua belum terbangun. Kebanyakan kekayaan alam dikeruk asing dan Jakarta, dicuri dan dibawa ke luar negeri. Sedangkan rakyatnya tetap saja miskin. Sedemikian miskinnya mereka masih hanya pakai koteka. Ini bertolak belakang dengan pulau-pulau lain. Bahkan bila dibandingkan dengan Jawa, papua sangatlah tertinggal. Didunia pendidikan, sekolah-sekolah di pulau jawa telah memasuki era digital. Dimana mulai anak usia SMP telah akrab dengan berbagai teknologi salah satunya internet.

Apa yang salah dengan Papua ?. Dengan kekayaan alam yang dimiliki seharusnya papua telah mencapai kemajuan layaknya pulau Jawa. Minimal seperti Kalimantan yang telah membangun infrastruktur jalan trans Kalimantan. Adalah sangat tragis bila ada rakyat, dinegara manapun, sampai meninggal dunia karena kelaparan. Maka yang paling bertanggung jawab adalah pemerintah. Ya pemerintah Daerah ya Pemerintah Pusat. Karena tugas pemerintah adalah menjamin ketersediaan pangan, kesehatan dan pendidikan rakyatnya..

0 comments:

Post a Comment